Main Article Content

Abstract

Studi ini fokus dalam menganalisis pendapatan, pola saluran pemasaran, dan efisiensi pemasaran ikan nila di Provinsi Bengkulu, terutama di Kecamatan Air Nipis dan Kecamatan Padang Jaya. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pendapatan petani ikan nila di Kecamatan Air Nipis, Bengkulu Selatan, sebesar Rp 220.457.498/MT atau Rp 43.549/m2, sedangkan di Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara, sebesar Rp 90.582.502/MT atau Rp 29.538/m2. Kedua daerah tersebut memiliki tiga jenis saluran pemasaran yang melibatkan pedagang pengumpul kecamatan, pedagang pengumpul antar kota, pedagang pengecer luar daerah, dan pedagang pengecer dalam daerah. Margin pemasaran saluran I di Kecamatan Air Nipis adalah Rp 7.667, saluran II Rp 3.400, dan saluran III Rp 0. Di Kecamatan Padang Jaya, margin pemasaran saluran I adalah Rp 7.190, saluran II Rp 2.500, dan saluran III Rp 0. Saluran I merupakan yang paling efisien karena memiliki nilai farmer’s share paling besar. Namun, di Kecamatan Padang Jaya, saluran III menunjukkan efisiensi yang tinggi. Efisiensi pemasaran ikan nila di kedua kecamatan tersebut bervariasi, dengan efisiensi saluran III mencapai 0%, menunjukkan tingkat efisiensi yang lebih rendah.

Article Details

References

  1. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkulu Selatan. (2019). Kecamatan Air Nipis Dalam Angka. Publikasi Badan Pusat Statistik Bengkulu Selatan. Bengkulu Selatan.
  2. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkulu Utara. (2019). Kecamatan Padang Jaya Dalam Angka. Publikasi Badan Pusat Statistik Bengkulu Utara. Bengkulu Utara.
  3. Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu. (2021). Provinsi Bengkulu Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu. Bengkulu.
  4. Cristovao, CDS. (2015). Analisis Efisiensi Pemasaran dan Pilihan Saluran Pemasaran Kopi Organik di Kabupaten Ermera Timor-Leste. [tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
  5. Fahrurrozi., Kusrini, Novira., & Komariyati. (2015). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) Lump Mangkok Dari Desa Kompas Raya Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi. Agrise, 15(2), 110-117.
  6. Fauziah, Antika Fahriatul., Agustina, Titin., dan Hariyati Yuli. (2017). Analisis Pendapatan dan Pemasaran Ikan Lele Dumbo di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (JSEP), 9 (1), 20-32.
  7. Hidayati, Budi, Nur., Darsono., & Barokah, Umi. (2020). Analisis Usaha Budidaya Ikan Nila Menggunakan Keramba Jaring Apung (KJA) dan Pemasarannya di Kabupaten Sragen. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 6(2), 145-157. http://dx.doi.org/10.15578/marina.v6i2.8233.
  8. Irwandi., Badrudin, Redy., & Suryanty, Melly. (2015). Analisis Pendapatan dan Efisiensi Usaha Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) di Desa Mekar Mulya Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko. Jurnal Agrisep Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 14 (2), 237-253. https://doi.org/10.3116/jagrisep.14.2.237-253.
  9. Illahi, Afrido., Sasmi, Meli., & Alatas, Andi. (2022). Analisis Pemasaran Ikan Nila di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Green Swarnadwipa, 11 (1), 1-6.
  10. Iswahyudi., & Sustiyana. (2019). Pola Saluran Pemasaran dan Farmer’s Share Jambu Air CV Camplong. Jurnal Hexagro, 3(2), 33-38. https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.777.
  11. Lasena, Alfinta., Nasriani., & Irdja, Ad, Mahmudy. (2017). Pengaruh Dosis Pakan yang Dicampur Probiotik Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Nila (Oreochromis nilpticus). Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahua, 6(2), 65-76. http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v6i2.47.
  12. Meldasari., Suhaimi, Ahmad., & Fitrianoor. (2018). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Nila di Desa Kupang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan (Studi Kasus Pada Kelompok Perikanan Kupang Maju). Jurnal Sains STIPER Amuntai, 8 (1), 32-40. https://doi.org/10.36589/rs.v8i1.82.
  13. Mubyarto. (2002). Pengantar Ekonomi Pertanian. Ed. Ketiga. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES.
  14. Nugraha, Jefri, Putri., Waluyo, Buyung, Purnom., & R. Sugeng, Rahardjo. (2021). Analisis Pemasaran Komoditas Perikanan Tangkap dan Strategi Pengembangannya Di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur (Studi Kasus di Tempat Pelelangan Ikan Teleng). Jurnal TECHNO-FISH, 5 (2), 84-105. https://doi.org/10.25139/tf.v5i2.4402.
  15. Nurdiani, Nina. 2014. Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian Lapangan. ComTech, 5(2), 1110-1118. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427.
  16. Rahayu, Wiwit. (2011). Analisis Pendapatan Usaha Pembesaran Ikan Nila Merah (Oreochromis Sp) Pada Kolam Air Deras Di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan, 7 (1), 1-11. https://doi.org/10.55259/jiip.v7i1.338.
  17. Rabbani, Rifqi., Setiawan, Iwan., dan Setia, Budi. 2021. Analisis Efisiensi Rantai Pemasaran Ikan Nila (Suatu Kasus di Desa Ciawang Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 8(2), 575-587. http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i2.5355.
  18. Riauwaty, Morina dan Syawal, Heni. (2016). Gambaran Darah Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Kolam Budidaya di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 21(1), 1-6. http://dx.doi.org/10.31258/jpk.21.1.1-6
  19. Riska, Fiya Fajriya., Primyastanto, Mimit., & Abidin, Zainal. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele (Clarias Sp.) pada Usaha Perseorangan “Toni Makmur” Dikawasan Agropolitan Desa Kauman Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang Jawa Timur. Economics and Social of Fisheries and Marine Journal, 3(1), 48-54.
  20. Setianto, B. (2018). Industri Pertanian Saham-Saham BEI per Laporan Keuangan Q4 2017. Jakarta. ID: Bumisaka Kurnia.
  21. Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia.
  22. Sofanudin, Ahmad, & Budiman, Eko wahyu. (2017). Analisis Saluran Pemasaran Cabai Rawit (Capsicum Frutescens. L) (Studi Kasus di Kecamatan Kanigoro. Kabupaten Bilitar). Jurnal Viabel Pertanian, 11(1), 46-58. https://doi.org/10.35457/viabel.v11i1.234.
  23. Sriyoto., Reswita., & Hardianto. (2015). Analisis Distribusi Pendapatan Pada Usaha Ikan Nila di Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan. Jurnal AGRISEP, 15(2), 159–166. https://doi.org/10.31186/jagrisep.14.2.159-166.
  24. Statistik Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2021). AKI Dengan Perbandingan Provinsi dan Tahun. Retrieved from: https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=aki&i=209#panel-footer (diakses pada tanggal 05 Januari 2022).
  25. Sudiyono. (2002). Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang. Kota Malang
  26. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
  27. Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  28. Sukirno, Sadono. (2002). Teori Ekonomi. Cet. Ke-14. Jakarta: Rajawali Press.
  29. Susilowati, Ita., Istiqomah., Sukiman., dan Purnomo, Sodik Dwi. (2022). Analisis Margin Pemasaran Ikan Layang di Kabupaten Pati. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 6(1), 238-248. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.01.23.
  30. Tajerin., Rabegnatar, Nengah Sweta., dan Muharram, Baden. (2000). Pengaruh Kecepatan Arus Air dalam Kolam Terhadap Tekstur Daging Ikan Mas. Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia, 6(2), 53-61.
  31. Triarso, I. (2012). Potensi dan Peluang Pengembangan Usaha Perikanan Tangkap di Pantura Jawa Tengah. Jurnal Saintek Perikanan, 8(1), 65-73. https://doi.org/10.24710/presipitasi.v%vi%.329-337.
  32. Widiastuti, N. dan Harisudin, M. (2013). Saluran dan Marjin Pemasaran Jagung di Kabupaten Grabigan. SEPA, 9 (2), 231-240.