Main Article Content
Abstract
Kepemimpinan yang efektif adalah bagian integral dari efektifitas suatu organisasi pemerintah. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan memaparkan mengenai studi pengembangan system pelatihan kepemimpinan dalam rangka mempersiapkan calon pemimpin masa depan. Pelatihan kepemimpinan bagi organisasi pemerintah di Indonesia pada dasarnya telah menjadi konsen pemerintah sejak lama. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa secara umum penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan sudah efektif. Akan tetapi, pelatihan kepemimpinan masih membutuhkan perbaikan khususnya pada dampak pelatihan terhadap kinerja organisasi. Pelatihan cenderung dianggap sebagai beban biaya, belum sebagai investasi yang dapat diukur tingkat pengembalian. Kondisi tersebut menuntut lembaga pelatihan kepemimpinan dapat mengembangkan kerangka strategi pendekatan secara holistic. Pendekatan tersebut dapat dilakukan melalui: 1) pengembangan calon peserta program pendidikan dan pelatihan melalui manajemen talenta; 2) restrukturisasi program pendidikan pelatihan melalui inovasi model program, pengembangan lembaga dan buying leaders dan 3) Integrasi program pendidikan dan pelatihan dengan lelang jabatan melalui pemanfaatan talent pool. Adanya integrasi dari ketiga pendekatan tersebut diharapkan dapat menghasilkan calon pemimpin masa depan yang handal dan berkarakter.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Abdullah, M. (2018). Pola Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Bagi Aparatur Pemerintah dalam Menghadapi Tantangan Global (Studi Kasus Pada Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Di KESDM). Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 21(1), 19–48. https://doi.org/10.31845/jwk.v21i1.63
- Abner, G., Morrison, J., Perry, J., & Valdez, B. (2019). Preparing the Next Generation of Federal Leaders: Agency-Based Leadership Development Programs. IBM Center for the Business of Goverment. http://www.businessofgovernment.org/report/preparing-next-generation-federal-leaders-agency-based-leadership-development-programs
- Amalo, C. V. (2017). Efektivitas sistem pendidikan dan pelatihan struktural di pemerintah kota kupang. Jurnal Inovasi Kebijakan, 2(1), 19–39. https://jurnalinovkebijakan.com/index.php/JIK/article/view/7
- Amaluis, D. (2014). Analisis Efektifitas Program pelatihan Diklat Pim Iii Terhadap Kompetensi Pejabat Eselon Iii Di Pemerintah Kabupaten. Journal of Economic and Economic Education, 3(1), 18–26.
- Arthur, W., Bennett, W., Edens, P. S., & Bell, S. T. (2003). Effectiveness of training in organizations: A meta-analysis of design and evaluation features. Journal of Applied Psychology, 88(2), 234–245. https://doi.org/10.1037/0021-9010.88.2.234
- Budiati, L. (2012). Good Governance Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
- Budiati, L. (2015). Diklat Kepemimpinan Pola Baru Dalam Perspektif Inovasi dan Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 11(2), 211. https://doi.org/10.14710/pwk.v11i2.10849
- Burke, L. A., & Hutchins, H. M. (2007). Training transfer: An integrative literature review. Human Resource Development Review, 6(3), 263–296. https://doi.org/10.1177/1534484307303035
- Day, D. V. (2000). Leadership development: A review in context. The Leadership Quarterly, 11, 581–613. http://dx.doi.org/10.1016/S1048 9843(00)00061-8
- Handayani, W. T., Suryono, A., & Said, A. (2015). Efektivitas Pelasanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Pegawai Negeri Sipil ( Studi di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Probolinggo ). Jurnal Administrasi Publik, 3(5), 824–828.
- Hudalil, A. (2014). Teknis Seleksi Peserta Diklatpim IV Pola Baru di Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Lingkar Widaiswara, Vol.1(2):14-21
- Kirchner, M. J., & Akdere, M. (2014). Leadership Development Programs: an Integrated Review of Literature. Bilgi Ekonomisi ve Yönetimi Dergisi, 9(1), 137–146.
- Kirkpatrick, D. (1959). Techniques for evaluating training programs. Journal of the American Society for Training and Development, 13, 3–9.
- Kirkpatrick, D.L., & Kirkpatrick, J.D. (2008). Evaluating Training Programs. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers, Inc.
- Krissetyanti, E. P. L. (2013). Penerapan Strategi Manajemen Talenta Dalam Pengembangan Pns the. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS, 7(1), 1–15.
- Komara, E. (2018). “Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21” in SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, Volume 4(1), April, pp.17-26. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press owned by ASPENSI, ISSN 2407-7348.
- Lacerenza, C. N., Reyes, D. L., Marlow, S. L., & Joseph, D. L. (2017). Leadership Training Design, Delivery, and Implementation: A Meta-Analysis. Journal of Applied Psychology, 102(12), 1686–1718. https://doi.org/10.1037/apl0000241
- Lembaga Administrasi Negara. (2001). Keputusan Kepala LAN tentang Pedoman Umum Pendidikan dan Pelatihan Jabatan PNS (Kep. Kepala LAN No. 193 Tahun 2001). Jakarta: Penulis, Diakses dari: http://ppid.lan.go.id/wp-content/uploads/2014/08/Keplan-No.193-Tahun-2001-Tentang-Pedoman-Umum-Diklat-Jabatan-PNS.pdf
- Lembaga Administrasi Negara. (2013). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi negara tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat I (PERKALAN No.10 Tahun 2013). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/3aYQ3v9
- Lembaga Administrasi Negara. (2013). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi negara tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II (PERKALAN No.11 Tahun 2013). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/2WqwFls
- Lembaga Administrasi Negara. (2013). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi negara tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III (PERKALAN No.12 Tahun 2013). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/3aZCADs
- Lembaga Administrasi Negara. (2013). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi negara tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (PERKALAN No.13 Tahun 2013). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/2WllNW5
- Lembaga Administrasi Negara. (2013). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara tentang Standar Biaya Umum Pendidikan dan Pelatihan PNS Tahun 2014 (PERKALAN Nomor 20 Tahun 2013). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://diklatpimlan.files.wordpress.com/2010/02/peraturan-kepala-lan-nomor-20-tahun-2013.pdf
- Lembaga Administrasi Negara. (2018). Peraturan Lembaga Administrasi Negara tentang Rincian Biaya Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat I, II, III dan IV (PERLAN Nomor 2 Tahun 2018). Jakarta: Penulis. Diakses dari https://makassar.lan.go.id/wp-content/uploads/2019/08/Peraturan-LAN-Nomor-2-Tahun-2018-ttg-Rincian-Biaya-Penyelenggaraan-Diklat-PIM-Tkt-I-II-III-n-IV-Latsar-CPNS-Gol-II-n-III-serta-Latsar-CPNS-Honorer.pdf
- Lembaga Administrasi Negara. (2018). Peraturan Lembaga Administrasi negara tentang Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I (PERLAN No.6 Tahun 2018). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/2WAw695
- Lembaga Administrasi Negara. (2019). Peraturan Lembaga Administrasi negara tentang Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PERLAN No.2 Tahun 2019). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/2L0ICsJ
- Lembaga Administrasi Negara. (2019). Peraturan Lembaga Administrasi negara tentang Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PERLAN No.15 Tahun 2019). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/2SxHbGv
- Lembaga Administrasi Negara. (2019). Peraturan Lembaga Administrasi negara tentang Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PERLAN No.16 Tahun 2019). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/3b0xNlh
- Leslie, J. B. (2009). The leadership gap: What you need, and don’t have, when it comes to leadership talent. Greensboro, NC: Center for Creative Leadership.
- Lockwood, N.R. (2006). Talent management: driver for organizational success’, The Society for Human Resource Management Research Quarterly, pp.2–11.
- Melandari, A. N. (2016). Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Iv Di Badan Kepegawaian Daerah Kota Palu. Katalogis, 4(9), 137–145.
- Nurseha. (2013). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV dalam Rangka Peningkatan Kualitas Aparatur di Kabupaten Berau. Universitas Terbuka.
- Partnership for Public Service. (2003). The Best Places to Work in the Federal Government. Diakses dari: www.bestplacestowork.org
- Pemerintah Republik Indonesia. (1957). Peraturan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang Lembaga Administrasi Negara (PP Nomor 30 Tahun 1957). Jakarta: Penulis. Diakses dari: http://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/1957/pp30-1957.pdf
- Pemerintah Republik Indonesia. (1972). Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang Tanggung Jawab Fungsionil Pendidikan dan Pelatihan (Keppres No.34 Tahun 1972). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://ngada.org/kp34-1972.htm
- Pemerintah Republik Indonesia. (1994). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PP No.14 Tahun 1994). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://ngada.org/pp14-1994.htm
- Schwartz, J., Bersin, J., & Pelster, B. (2014). Human Capital Trends 2014 Survey. Retrieved from http://dupress.com/articles/human-capitaltrends-2014-survey-top-10-findings/
- Rusmulyani. (2015). Efektifitas Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Pola Baru terhadap Kinerja Aparatur (Studi Kasus Diklatpim IV pada Badan Diklat Provinsi Bali). Proceeding Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Nasional Ke-2 Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI), 80239(152), 3–4.
- Sudradjat, E. (2010). Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Sebagai Strategi Pengembangan Sumberdaya Aparatur Untuk Meningkatkan Kinerja. Wacana, 13 No. 1(1), 166–184.
- Sujarwo. (2008). Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV pada Balai Diklat Keagamaan Semarang. Tesis, 221.
- Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah. (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Wardani, A. K., & Suryono, A. (2014). DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nganjuk). Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 134–140.
- Wulandari, A. S. (2012). Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tngkat IV Tahun 2011 pada Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Universitas Indonesia.
- Yunita, E., Sumanti, R., Sinurat, H. P., Syahputra, H., Afrian, N., & Febrianto, M. (2017). Kajian Evaluasi Pasca Diklat Kepemimpinan Tingkat II, III, dan IV.
References
Abdullah, M. (2018). Pola Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Bagi Aparatur Pemerintah dalam Menghadapi Tantangan Global (Studi Kasus Pada Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Di KESDM). Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 21(1), 19–48. https://doi.org/10.31845/jwk.v21i1.63
Abner, G., Morrison, J., Perry, J., & Valdez, B. (2019). Preparing the Next Generation of Federal Leaders: Agency-Based Leadership Development Programs. IBM Center for the Business of Goverment. http://www.businessofgovernment.org/report/preparing-next-generation-federal-leaders-agency-based-leadership-development-programs
Amalo, C. V. (2017). Efektivitas sistem pendidikan dan pelatihan struktural di pemerintah kota kupang. Jurnal Inovasi Kebijakan, 2(1), 19–39. https://jurnalinovkebijakan.com/index.php/JIK/article/view/7
Amaluis, D. (2014). Analisis Efektifitas Program pelatihan Diklat Pim Iii Terhadap Kompetensi Pejabat Eselon Iii Di Pemerintah Kabupaten. Journal of Economic and Economic Education, 3(1), 18–26.
Arthur, W., Bennett, W., Edens, P. S., & Bell, S. T. (2003). Effectiveness of training in organizations: A meta-analysis of design and evaluation features. Journal of Applied Psychology, 88(2), 234–245. https://doi.org/10.1037/0021-9010.88.2.234
Budiati, L. (2012). Good Governance Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Budiati, L. (2015). Diklat Kepemimpinan Pola Baru Dalam Perspektif Inovasi dan Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 11(2), 211. https://doi.org/10.14710/pwk.v11i2.10849
Burke, L. A., & Hutchins, H. M. (2007). Training transfer: An integrative literature review. Human Resource Development Review, 6(3), 263–296. https://doi.org/10.1177/1534484307303035
Day, D. V. (2000). Leadership development: A review in context. The Leadership Quarterly, 11, 581–613. http://dx.doi.org/10.1016/S1048 9843(00)00061-8
Handayani, W. T., Suryono, A., & Said, A. (2015). Efektivitas Pelasanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Pegawai Negeri Sipil ( Studi di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Probolinggo ). Jurnal Administrasi Publik, 3(5), 824–828.
Hudalil, A. (2014). Teknis Seleksi Peserta Diklatpim IV Pola Baru di Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Lingkar Widaiswara, Vol.1(2):14-21
Kirchner, M. J., & Akdere, M. (2014). Leadership Development Programs: an Integrated Review of Literature. Bilgi Ekonomisi ve Yönetimi Dergisi, 9(1), 137–146.
Kirkpatrick, D. (1959). Techniques for evaluating training programs. Journal of the American Society for Training and Development, 13, 3–9.
Kirkpatrick, D.L., & Kirkpatrick, J.D. (2008). Evaluating Training Programs. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers, Inc.
Krissetyanti, E. P. L. (2013). Penerapan Strategi Manajemen Talenta Dalam Pengembangan Pns the. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS, 7(1), 1–15.
Komara, E. (2018). “Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21” in SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, Volume 4(1), April, pp.17-26. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press owned by ASPENSI, ISSN 2407-7348.
Lacerenza, C. N., Reyes, D. L., Marlow, S. L., & Joseph, D. L. (2017). Leadership Training Design, Delivery, and Implementation: A Meta-Analysis. Journal of Applied Psychology, 102(12), 1686–1718. https://doi.org/10.1037/apl0000241
Lembaga Administrasi Negara. (2001). Keputusan Kepala LAN tentang Pedoman Umum Pendidikan dan Pelatihan Jabatan PNS (Kep. Kepala LAN No. 193 Tahun 2001). Jakarta: Penulis, Diakses dari: http://ppid.lan.go.id/wp-content/uploads/2014/08/Keplan-No.193-Tahun-2001-Tentang-Pedoman-Umum-Diklat-Jabatan-PNS.pdf
Lembaga Administrasi Negara. (2013). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi negara tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat I (PERKALAN No.10 Tahun 2013). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/3aYQ3v9
Lembaga Administrasi Negara. (2013). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi negara tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II (PERKALAN No.11 Tahun 2013). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/2WqwFls
Lembaga Administrasi Negara. (2013). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi negara tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III (PERKALAN No.12 Tahun 2013). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/3aZCADs
Lembaga Administrasi Negara. (2013). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi negara tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (PERKALAN No.13 Tahun 2013). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/2WllNW5
Lembaga Administrasi Negara. (2013). Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara tentang Standar Biaya Umum Pendidikan dan Pelatihan PNS Tahun 2014 (PERKALAN Nomor 20 Tahun 2013). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://diklatpimlan.files.wordpress.com/2010/02/peraturan-kepala-lan-nomor-20-tahun-2013.pdf
Lembaga Administrasi Negara. (2018). Peraturan Lembaga Administrasi Negara tentang Rincian Biaya Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat I, II, III dan IV (PERLAN Nomor 2 Tahun 2018). Jakarta: Penulis. Diakses dari https://makassar.lan.go.id/wp-content/uploads/2019/08/Peraturan-LAN-Nomor-2-Tahun-2018-ttg-Rincian-Biaya-Penyelenggaraan-Diklat-PIM-Tkt-I-II-III-n-IV-Latsar-CPNS-Gol-II-n-III-serta-Latsar-CPNS-Honorer.pdf
Lembaga Administrasi Negara. (2018). Peraturan Lembaga Administrasi negara tentang Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I (PERLAN No.6 Tahun 2018). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/2WAw695
Lembaga Administrasi Negara. (2019). Peraturan Lembaga Administrasi negara tentang Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PERLAN No.2 Tahun 2019). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/2L0ICsJ
Lembaga Administrasi Negara. (2019). Peraturan Lembaga Administrasi negara tentang Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PERLAN No.15 Tahun 2019). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/2SxHbGv
Lembaga Administrasi Negara. (2019). Peraturan Lembaga Administrasi negara tentang Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PERLAN No.16 Tahun 2019). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://bit.ly/3b0xNlh
Leslie, J. B. (2009). The leadership gap: What you need, and don’t have, when it comes to leadership talent. Greensboro, NC: Center for Creative Leadership.
Lockwood, N.R. (2006). Talent management: driver for organizational success’, The Society for Human Resource Management Research Quarterly, pp.2–11.
Melandari, A. N. (2016). Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Iv Di Badan Kepegawaian Daerah Kota Palu. Katalogis, 4(9), 137–145.
Nurseha. (2013). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV dalam Rangka Peningkatan Kualitas Aparatur di Kabupaten Berau. Universitas Terbuka.
Partnership for Public Service. (2003). The Best Places to Work in the Federal Government. Diakses dari: www.bestplacestowork.org
Pemerintah Republik Indonesia. (1957). Peraturan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang Lembaga Administrasi Negara (PP Nomor 30 Tahun 1957). Jakarta: Penulis. Diakses dari: http://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/1957/pp30-1957.pdf
Pemerintah Republik Indonesia. (1972). Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang Tanggung Jawab Fungsionil Pendidikan dan Pelatihan (Keppres No.34 Tahun 1972). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://ngada.org/kp34-1972.htm
Pemerintah Republik Indonesia. (1994). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PP No.14 Tahun 1994). Jakarta: Penulis. Diakses dari: https://ngada.org/pp14-1994.htm
Schwartz, J., Bersin, J., & Pelster, B. (2014). Human Capital Trends 2014 Survey. Retrieved from http://dupress.com/articles/human-capitaltrends-2014-survey-top-10-findings/
Rusmulyani. (2015). Efektifitas Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Pola Baru terhadap Kinerja Aparatur (Studi Kasus Diklatpim IV pada Badan Diklat Provinsi Bali). Proceeding Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Nasional Ke-2 Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI), 80239(152), 3–4.
Sudradjat, E. (2010). Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Sebagai Strategi Pengembangan Sumberdaya Aparatur Untuk Meningkatkan Kinerja. Wacana, 13 No. 1(1), 166–184.
Sujarwo. (2008). Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV pada Balai Diklat Keagamaan Semarang. Tesis, 221.
Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah. (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wardani, A. K., & Suryono, A. (2014). DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nganjuk). Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 134–140.
Wulandari, A. S. (2012). Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tngkat IV Tahun 2011 pada Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Universitas Indonesia.
Yunita, E., Sumanti, R., Sinurat, H. P., Syahputra, H., Afrian, N., & Febrianto, M. (2017). Kajian Evaluasi Pasca Diklat Kepemimpinan Tingkat II, III, dan IV.