Main Article Content

Abstract

Para pengusaha dalam membuat strategi pemasaran perlu menganalisa perilaku keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk. Tujuan penelitian  mengidentifikasi karakteristik konsumen terhadap produk bayam hidroponik dan meenganalisis proses pengambilan keputusan pembelian terhadap produk bayam hidroponik. Metode pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan aksidental sampling sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Karakteristik konsumen pembeli produk bayam hidroponik adalah perempuan dengan rentang usia 21-30 tahun yang sudah masih kuliah ataupun bekerja dengan pendapatan perbulannya sekitar kurang dari Rp1.000.000. Berdasarkan gaya hidupnya, rata-rata konsumen mengkonsumsi produk bayam hidroponik untuk pemenuhan kebutuhan harian, dan rata-rata konsumen membeli produk bayam hidroponik dua kali dalam satu bulan. Motivasi konsumen dalam melakukan pembelian yaitu bayam hidroponik memiliki kandungan gizi yang tinggi. Konsumen mendapatkan informasi yang berasal dari media sosial. Evaluasi alternatif dalam pembelian bayam hidroponik adalah kualitas produk bayam hidroponik yang lebih segar. Pembeliam produk bayam hidroponik yaitu dilakukan secara terencana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setelah melakukan pembelian pada produk bayam hidroponik, lebih dominan konsumen yang merasa puas.

Keywords

Spinach decision consumen

Article Details

References

  1. Amalia, A.F., Fitri, A., Dalapati, A., dan Fehmi F.N. (2020). Analisis Usahatani Sayuran Selada Menggunakan Hidroponik Sederhana Pada Lahan Pekarangan. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 6(2): 74-78
  2. Engel, JF., Blackwell, RD., Miniard, PW. (1993). Consumer Behavior (Edisi Ketujuh Jilid 2). Jakarta: Binarupa Aksara
  3. Jamil, A. S., & Destiarni, R. P. (2021). Peran Program Magang Jepang bagi Petani Muda dalam Meregenerasi Petani Indonesia. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 7(2): 1407-1416
  4. Jamil, A. S., Fitri, A., Hidayat. & Saty, F. M.(2021). Partisipasi Anggota Ikatan Alumni Magang Jepang terhadap Kelembagaan Petani. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 7(2): 1271-1278
  5. Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium). Jakarta: PT Prenhallindo
  6. Permatasari, F.I. (2019). Pengaruh Pelayanan, Ketersediaan Barang dan Lokasi Terhadap Pembelian Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Tambah Rejo Kapas Krampung Surabaya. Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Surabaya
  7. Suci, Y. T., & Jamil, A. S. (2019). Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan dengan Keberhasilan Peserta Pelatihan Teknis bagi Penyuluh Pertanian. Jurnal Hexagro 3(2): 47-55
  8. Sutarni, S., Irwati, L., Unteawati, B., Yolandika, C. (2018). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik di Kota Bandar Lampung. Journal of Food System and Agribusiness 2(1): 12-24
  9. Zainuddin, A., Jamil, A. S., Destiarni, R. P., & Hidayat. (2021) Factors Affecting Farmers’ Decisions in Changing Agribusiness Sector: Case Study of Japan Internship Program Alumni. 1st ICADAI 2021
  10. Zulkryandry., Fitri, A., & Hidayat, B. (2021). Nilai Tambah dan Sikap Konsumen Produk Brownies Berbahan Baku Tepung Ubi Kayu Tinggi Protein. Agrimor: Jurnal Agribisnis Lahan Kering, 6(2): 53-59